EFEKTIVITAS BUAH JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA) DAN JERUK LEMON (CITRUS MEDICA) TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA REMAJA

  • Berlina Putrianti Akademi kesehatan karya husada yogyakarta
Keywords: Jeruk Nipis, Jeruk Lemon, Peningkatan Kadar Hemoglobin

Abstract

Latar Belakang : Masa remaja merupakan masa dimana pertumbuhan terjadi dengan cepat, sehingga kebutuhan gizi pada masa ini pun ikut meningkat. Salah satu zat gizi yang dibutukan adalah zat besi. Anemia dapat menimbulkan dampak pada remaja antara lain menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena penyakit, menurunnya aktivitas dan prestasi belajar.

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk mengetahui perbedaan efektifitas buah jeruk nipis (Citrus Aurantifolia) dengan jeruk lemon (Citrus Medica) terhadap peningkatan kadar hemoglobin.

Metode : Metode dalam penelitian ini adalah metode observasional dengan pendekatan pre post test dua kelompok perlakuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan cara membandingkan data pre dan post test kedua kelompok intervensi.

Hasil : Dari uji beda yang dilakukan antara kelompok yang diberi jeruk lemon dan jeruk nipis dalam meningkatkan kadar Hb diperoleh nilai sig sebesar 0.000. Hal itu berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang diberi jeruk lemon dengan kelompok yang diberi jeruk nipis. Hal tersebut menunjukkan bahwa jeruk lemon lebih efektif dibandingkan dengan jeruk nipis dalam meningkatkan kadar Hb pada remaja.

Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa, perasan air jeruk lemon lebih efektif dibandingkan dengan perasan air jeruk nipis dalam meningkatkan kadar Hb dalam darah para remaja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-20
How to Cite
Putrianti, B. (2020). EFEKTIVITAS BUAH JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA) DAN JERUK LEMON (CITRUS MEDICA) TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA REMAJA. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 8(1), 57-67. https://doi.org/10.36577/jkkh.v8i1.377