KEBUTUHAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA

  • Laily Mualifah Akes Karya Husada Yogyakarta
Keywords: Kata Kunci: kebutuhan, pendidikan  kesehatan reproduksi remaja.

Abstract

Latar Belakang: Remaja merupakan penduduk dalam rentang usia 10 – 18 tahun. Remaja memiliki sifat khas yaitu rasa ingin tahu yang besar, menyukai petualangan dan tantangan serta cenderung berani menanggung resiko atas perbuatannya tanpa dengan pertimbangan yang matang. Siswa SMP yang merupakan masas remaja memiliki karakteristik sudah mulai berfikir secara kritis, emosi meluap – lupa, senang bereksperimen dan bereksplorasi serta cenderung membuat kelompok. Permasalahan yang muncul saat ini adalah mulainya menarche dan mimpi basah semakin dini dengan berbagaia paparan media yang semakin banyak namun tidak diimbangi dengan pengetahuan kesehatan reproduksis yang baik bagi remaja.

Tujuan: Mengetahui kebutuhan pendidikan kesehatan reproduksi pada remaja.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Swasta di Imogiri Bantul, dengan metode pengambilan sampel cluster rundom sampling. Jumlah sampel sebanyak 99 responden. Intrumen yang digunakan adaalah kuesioner.

Hasil: Karakteristik resonden, jenis kelamin laki – laki sebanyak 61,6%, dan perempuan 38,4%. Responden yang pernah mendapatkan pendidikan kesehatan reproduksi sebanyak 53,5%. Metode pendidikan kesehatan yang peprnah diterima paling banyak sebesar 83,8%. Keinginan responden dalam mendapatkan pendidikan kesehatan sebanyak 86,9% dan merasa membutuhkan pendidikan kesehatan reproduksi sebanyak 88,9%. Media pendidikan kesehatan reproduksi yang paling diminati resonden adalah video, Materi yang paling diharapkan responden terkkait masa pubertas. Pemberi materi yang paling banyak ada petugas kesehatan.

Kesimpulan: Responden dalam masa pubertas dan merasa membutuhkan pendidikan kesehatan reproduksi remaja. Media yang paling diinginkan resonden adalah viedo, materi yang paling disukai responden adalah pubertas dan petugas kesehatan merupakan pemberi materi pendidikan kesehatan yang paling diinginkan oleh responden.

Kata Kunci: kebutuhan, pendidikan  kesehatan reproduksi remaja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-14
How to Cite
Mualifah, L. (2020). KEBUTUHAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 8(1), 50-56. https://doi.org/10.36577/jkkh.v8i1.378