HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN LAMA KERJA PERAWAT DENGAN PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA KLIEN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

  • Sujono Riyadi Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Yuniarti Yuniarti
Keywords: Motivasi, lama kerja dan komunikasi.

Abstract

Latar Belakang: Penelitian hubungan antara motivasi kerja dan lama kerja perawat dengan penerapan komunikasi terapeutik pada klien di RSU PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta ini merupakan penelitian yang berbentuk korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Dilakukan pada perawat sebagai responden sebanyak 24 orang. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi kerja dan lama kerja perawat dengan penerapan komunikasi terapeutik pada klien.

Metode: Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang berbentuk check list untuk menggali motivasi kerja dan penerapan komunikasi terapeutik pada klien. Data ini kemudian penulis analisis dengan menggunakan uji statistik Chi Square dengan bantuan komputerisasi program SPSS 19.00 for Windows.

Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara motivasi kerja perawat dengan penerapan komunikasi terapeutik dengan nilai X² hitung = 2.667, df= 1, p=0.102 dengan jumlah N= 24, dimana X² table= 3.84. Tidak ada hubungan antara lama kerja perawat dengan penerapan komunikasi terapeutik dengan nilai  X² hitung = 3.276, df= 2, p= 0.194 dengan jumlah N= 24, dimana X² table= 5.99.

Kesimpulan: Motivasi kerja dan lama kerja perawat tidak ada korelasinya dengan penerapan komunikasi terapeutik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-13
How to Cite
Riyadi, S., & Yuniarti, Y. (2020). HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN LAMA KERJA PERAWAT DENGAN PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA KLIEN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 4(1). Retrieved from http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jkkh/article/view/392