PENGARUH METODE BERMAIN BOLA BASKET TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK DISABILITAS USIA 10-12 TAHUN DI SEKOLAH LUAR BIASA

  • Salis Miftahul Khoeriyah STIKES Yogyakarta
Keywords: Disabilitas, Motorik kasar, Permainan Bola Basket

Abstract

Anak disabilitas mempunyai kemungkinan mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Salah satu keterlambatan pada perkembangan anak dengan disabilitas adalah motorik kasar. Permainan bola basket merupakan salah satu cara meningkatkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain bola basket terahap kemampuan motorik anak tungrahita umur 10-12 tahun.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pra ekperiment dengan menggunakan desain dalam penelitian pre test – post test without control grup. Sampel sebanyak 33 anak usia 10-12 tahun dengan tunagrahita ringan yang berada di SLB N 1 Gunungkidul dan SLB N 1 Bantul. Metode analisis data yang digunakan adalah Paired T-test. Hasil penelitian diperoleh berupa skor rata-rata sebelum diberikan terapi bermain bola basket sebesar 168,03 dengan hasil sebesar 63,65%.  Sedangkan skor setelah di berikan terapi bermain sebesar 200,42 dengan hasil sebesar 75,92%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi bermain bola basket terhadap kemampuan motorik anak tungrahita usia 10-12 tahun dimana dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata sebesar 7,62% dari pre-post test  dengan nilai p=0,000

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-28
How to Cite
Khoeriyah, S. (2022). PENGARUH METODE BERMAIN BOLA BASKET TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK DISABILITAS USIA 10-12 TAHUN DI SEKOLAH LUAR BIASA. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 10(1), 39-46. https://doi.org/10.36577/jkkh.v10i1.451