Persepsi Mahasiswa Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta Mengenai Peralihan Sistem Pembelajaran Daring Ke Luring
Abstract
Sudah dua tahun lebih Covid-19 melanda Indonesia. Semenjak itu pula berbagai aspek kehidupan manusia berubah. Banyak perubahan pada bidang-bidang tersebut juga mempegaruhi kesehatan manusia, baik itu secara fisik maupun jiwa. Salah satu aspek yang berpengaruh ialah pada bidang pendidikan. Namun, semua perubahan harus ditempuh agar sistem peralihan dari tatap muka (offline) menjadi daring (online) berjalan agar virus Covid-19 tidak menyebar. Seiring dengan perkembangan Covid-19 di Indonesia yang mulai mereda, kebijakan tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat pun mereda. Meskipun banyak pihak yang sudah mulai nyaman dengan adanya pembelajaran daring, namun saat dilihat dari beberapa kendala pada sistem pembelajaran jarak jauh, maka perlu adanya pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta mengenai peralihan sistem pembelajaran daring menuju sistem pembelajaran luring. Penelitian ini erupaan penelitian kualitatif, subjek penelitiannya adalah mahasiswa program studi D3 (Diploma Tiga) Keperawatan Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta yang berjumlah 4 orang. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari hasil wawancara. Hasil transkrip dari wawancara di analisis dan mendapatkan empat tema pokok; diantaranya (1) Perasaan yang dialami selama peralihan sistem pembelajaran; (2) Pengalaman sistem pembelajaran; (3) Kendala selama pembelajaran; (4) Harapan untuk pembelajaran kedepan.
Downloads
Copyright (c) 2023 Jurnal Kesehatan Karya Husada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with JKH agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).