UPAYA PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN DENGAN PEMBERIAN PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN PADA MASYARAKAT DI DUSUN MANGIR TENGAH

  • Endang Tri Sulistyowati
Keywords: Penyuluhan, Pemeriksaan, Hipertensi

Abstract

Latar Belakang: Upaya peningkatan kesehatan merupakan kegiatan untuk memelihara serta meningkatan kesehatan yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 31,7 % ,Angka kejadian ini menunjukkan bahwa penyakit hipertensi merupakan prioritas utama masalah kesehatan. Salah satu upaya kesehatan pokok adalah meningkatkan kesadaran serta mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat.
Tujuan: Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat tentang hipertensi sehingga mampu mengurangi angka kejadian tinggi di Dusun Mangir Tengah.
Metode: Metode yang lakukan pada kegiatan ini adalah penyuluhan dan pemeriksaan tentang hipertensi pada warga di Dusun Mangir Tengah. Evaluasi dari kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pertanyaan kontrol untuk melihat perhatian dan minat peserta penyuluhan sebagai rencana tindak lanjut penyuluha.
Hasil: Hal-hal yang menjadi faktor pendorong dalam kegiatan ini adalah keingintahuan yang cukup besar dari peserta terhadap materi penyuluhan yang diberikan tentang hipertensi. Kegiatan ini dihadiri 57 peserta sebagian besar beruia 55-65 tahun. Dari hasil kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Published
2019-02-27
How to Cite
Sulistyowati, E. (2019). UPAYA PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN DENGAN PEMBERIAN PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN PADA MASYARAKAT DI DUSUN MANGIR TENGAH. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 1(1), 1-5. Retrieved from http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jpmkh/article/view/171