PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA CEDERA OTOT PADA ANGGOTA UKM BULUTANGKIS UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

  • muhamat nofiyanto universitas jenderal achmad yani yogyakarta
Keywords: Kata Kunci: Bulutangkis, Cedera otot, Penyuluhan

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: kasus cedera otot sering terjadi pada olahragawan, tidak terkecuali mahasiswa UKM bulu tangkis. Upaya peningkatan pengetahuan tentang pencegahan dan pertolongan pertama cedera diharapakan dapat meminimalkan angka kesakitan dan kecacatan pada olahragawan.

Tujuan: meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta UKM Bulutangkis tentang pengenalan dan pertolongan pertama kasus cedera otot.

Metode: melalui penyuluhan kesehatan ceramah dan diskusi, serta demonstrasi teknik pencegahan cedera serta penanganannya. Peserta sebanyak 24 mahasiswa. Kegiatan dilaksanakan mulai dari persiapan sampai evaluasi kurang lebih 3 minggu. Kegiatan diawali dengan screening pemahaman awal melalui pre test tulis, kemudian dilakukan penyuluhan dan demonstrasi, serta evaluasi pencapaian kegiatan. Dalam proses demonstrasi juga dilakukan evaluasi kesulitan peserta dalam kegiatan demonstrasi kemudian dilakukan pendampingaan.

Hasil : Kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana dan penjadwalan. Seluruh peserta aktif dan antusias mengikuti pemaparan materi, serta demonstrasi. Terjadi peningkatan nilai pengetahuan dengan rata-rata meningkat 34.06 poin. Seluruh peserta juga dapat mendemonstrasikan dengan baik. Pendampingan dan evaluasi telah dilakukan dengan hasil menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam pencegahan dan penanganan pertama cedera otot.

 

Published
2021-07-05
How to Cite
nofiyanto, muhamat. (2021). PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA CEDERA OTOT PADA ANGGOTA UKM BULUTANGKIS UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 3(2), 49-56. Retrieved from http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jpmkh/article/view/193