MEMASYARAKATKAN RENDAM KAKI HANGAT SEBAGAI UPAYA MENURUNKAN PENYAKIT TIDAK MENULAR HIPERTENSI DI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA

  • Sujono Riyadi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
Keywords: hipertensi, rendam kaki

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan penyakit kronis yang sering di derita oleh masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat pedesaan, hipertensi seakan bukanlah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuhnya, sehingga terkesan mengenyampingkan untuk pengobatan lebih lanjut. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi bagi masyarakat beji kulon khususnya yang menderita hipertensi agar tekanan darahnya dapat terkontrol dengan cara rendam kaki hangat.

Metode: Responden ada 10 orang yang kemudian diberikan intervensi berupa rendam kaki dengan air hangat, selama tiga kali, sebelum dan sesudah dilakukan intervensi semua penderita di cek terlebih dahulu tekanan darahnya.

Hasil: Terdapat penurunan tekanan darah baik itu systole maupun diastole setelah dilakukan intervensi berupa pemberian rendam kaki dengan memakai air hangat.

Kesimpulan: Rendam kaki dengan memakai air hangat dapat menurunkan tekanan darah penderita.

 

 

Published
2020-02-13
How to Cite
Riyadi, S. (2020). MEMASYARAKATKAN RENDAM KAKI HANGAT SEBAGAI UPAYA MENURUNKAN PENYAKIT TIDAK MENULAR HIPERTENSI DI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 2(1), 23 - 27. Retrieved from http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jpmkh/article/view/384