Peningkatan kualitas hidup lansia dengan senam lansia dan penyuluhan tentang menu sehat lansia di asrama polisi pingit

  • Endang Tri Sulistyowati Akademi Kesehatan Karya Husada Yogyakarta
Keywords: peningkatan hidup lansia, senam, penyuluhan

Abstract

Lansia merupakan kelompok umur pada manusia yang telah memasuki tahapan akhir dari dari fase kehidupannya. Pada kelompok lansia akan mengalami suatu proses yang disebut Aging proses atau sering disebut dengan proses penuan. Lansia adalah sekelompok orang yang mengalami suatu proses perubahan secara bertahap dalam waktu tertentu. (Notiatmodjo, 2014).

Upaya mewujudkan peningkatan hidup lansia yang sehat, produktif, mandiri serta berkualitas harus dilakukan pembinaan sedini mungkin selama siklus kehidupan manusia dapat dilakukan dengan kegiatan diantaranya kegiatan-kegiatan yang dapat memacu lansia untuk beraktifitas serta meningkatkan kesadaran lansia tentang asupan gizi yang sehat. Program kegiatan peningkatan kualitas hidup lansia ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dan partisipasi yang baik dari lansia itu sendiri. Untuk itu adanya perawatan dan dukungan penuh yang diberikan oleh keluarga maupun masyarakat sekitar maka akan menambah kualitas hidup lansia menuju lansia yang produktif dan mandiri, (Supriani,2011).

Published
2020-02-13
How to Cite
Sulistyowati, E. (2020). Peningkatan kualitas hidup lansia dengan senam lansia dan penyuluhan tentang menu sehat lansia di asrama polisi pingit. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 2(1), 35 - 40. Retrieved from http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jpmkh/article/view/387