PENDIDIKAN KESEHATAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN BAHAYA GAWAI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB N 1 BANTUL

  • Dwi Yati Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Sujono Riyadi Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
Keywords: pengetahuan, gawai, berkebutuhan khusus

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan otak yang terlalu lama menggunakan gawai dalam seluruh aktivitas sehari-hari akan mengganggu perkembangan otot. Sehingga menimbulkan hambatan dalam kemampuan berbicara serta menghambat kemampuan mengekspresikan pikirannya.

Metode: Peserta ada 12 siswa SLBN 1 Bantul yang diberikan Pendidikan Kesehatan berkaitan dengan bahaya penggunaan gawai. Semua peserta kemudian diukur vineland social maturity scale (VSMS) nya untuk mengetahui perkembangan sosial anak.

Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa sebesar 71.67% setelah diberikan Pendidikan Kesehatan berkaitan dengan bahaya gawai.

Kesimpulan: Rata-tara social age anak berada 2-3 tahun dibawah usia yang sebenarnya.

Published
2020-10-05
How to Cite
Yati, D., & Riyadi, S. (2020). PENDIDIKAN KESEHATAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN BAHAYA GAWAI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB N 1 BANTUL. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 2(2), 1 - 5. Retrieved from http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jpmkh/article/view/395