PELATIHAN KADER LANSIA DALAM MENGGUNAKAN ALAT PENGUKUR TENSI DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN LANSIA

  • Rahma Trisnaningsih Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta
  • Pritta Yunitasari Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta
Keywords: Kader Lansia, Lansia, tekanan darah

Abstract

Latar belakang: Hipertensi diperkirakan menyebabkan 7,5 juta kematian atau sekitar 12,8% dari total dari kematian. Jumlah  penderita Hipertensi di dunia pada tahun 2000 sekitar 171 juta orang dan diperkirakan akan mencapai 366 juta pada tahun 2030. Pada negara berkembang angka ini meningkat dua kali lipat antara tahun 2000 dan 2030.Prevalensi hipertensi di Indonesia cukup tinggi. Berdasarkan riset dasar kesehatan nasional (RISKESDAS) pada tahun 2013 hipertensi memiliki prevalensi yang tinggi, yaitu sebesar 25,8 %.

Tujuan: untuk menambah ketrampilan kader dalam memeriksa tekanan darah dan untuk deteksi dini penyakit hipertensi masyarakat.

Metode: Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui pelatihan kader tentang cara menggunakan alat pengukur tensi dan pemeriksaan Kesehatan lansia di RW 6 Pakuncen Wirobrajan Kota Yogyakarta.

Hasil:Pelatihan kader diikuti oleh 10 kader dan pemeriksaan tekanan darah pada masyarakat Lansia diperoleh hasil  ada 40 Lansia memiliki tekanan darah diatas batas normal, dan 37 lansia memiliki tekanan darah dalam  batas normal

Kata kunci: Kader Lansia, Lansia,  tekanan darah

Published
2022-04-25
How to Cite
Trisnaningsih, R., & Yunitasari, P. (2022). PELATIHAN KADER LANSIA DALAM MENGGUNAKAN ALAT PENGUKUR TENSI DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN LANSIA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 2(2), 110-116. Retrieved from http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jpmkh/article/view/546

Most read articles by the same author(s)