FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DAN BIDAN TENTANG EARLY WARNING SYSTEM (EWS) DI RUANG RAWAT INAP SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA YOGYAKARTA

  • Hendrikus Reyaan STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Eva Marti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Chatarina Setya Widyastuti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
Keywords: Tingkat pengetahuan, early warning system

Abstract

Latar Belakang : Early warning system (EWS) adalah sistem peringatan dini yang menggunakan penanda berupa skor untuk menilai perburukan kondisi pasien. Tingkat pengetahuan yang baik maka seorang perawat dan bidan dapat berpikir secara baik dan rasional sehingga diharapkan dapat  mengimplementasikan penerapan EWS dengan tepat.

Tujuan : Mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan perawat dan bidan tentang early warning system di ruang rawat inap salah satu Rumah Sakit Swasta di Yogyakarta.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional dan populasi dalam penelitian adalah perawat dan bidan yang saat ini bertugas di ruang rawat inap, sedangkan untuk sampel yang digunakan dengan sebanyak 30 responden dengan teknik total sampling. Instrument penelitian yang digunakan telah melalui uji instrument dan instrument dinyatakan valid dan reliabel.

Hasil penelitian : Berdasarkan hasil penelitian tingkat pengetahuan responden tentang EWS sebagian besar (63,33%) memilki tingkat pengetahuan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini adapun faktor – faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan perawat dan bidan tentang EWS yaitu usia (p-value = 0,007), masa kerja (p-value = 0,002) dan Pelatihan (p-value = 0,049) dan faktor – faktor yang tidak berhubungan yaitu tingkat pendidikan (p-value = 0,281).

Saran : Perawat sebagai pemberi asuhan agar terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaksanaan EWS dengan mengikuti pelatihan maupun seminar tentang EWS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-29
How to Cite
Reyaan, H., Marti, E., & Widyastuti, C. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DAN BIDAN TENTANG EARLY WARNING SYSTEM (EWS) DI RUANG RAWAT INAP SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 10(2), 73 - 85. https://doi.org/10.36577/jkkh.v10i2.493