PKU bagi Guru Sekolah Dasar Inovatif Pujotomo Muhammadiyah dalam Pendampingan UKS siaga penatalaksanaan pertama pada luka

  • reni mareta universitas muhammadiyah magelang
Keywords: UKS, perawatan luka

Abstract

Latar Belakang: Di dalam tatanan pelayanan kesehatan, Guru Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) secara langsung berhubungan dengan Promosi kesehatan di sekolah yang merupakan suatu upaya untuk menciptakan sekolah menjadi suatu komunitas yang mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekolah melalui 3 kegiatan utama ;Penciptaan lingkungan sekolah yang sehat, Pemeliharaan dan pelayanan kesehatan di sekolah, Upaya pendidikan yang berkesinambungan. Ketiga kegiatan tersebut dikenal dengan istilah Trias UKS.

Tujuan: untuk melatih dan mempraktekan pendampingan pada guru dalam pentingnya peran UKS dalam penanganan atau pertolongan pertama pada kejadian beberapa macam luka di SD SD Muhammadiyah Inovatif Pujotomo Mertoyudan Magelang.

Metode: Metode yang akan digunakan untuk pelaksnaan kegiatan ini adalah melakukan langkah-langkah pendekatan; sosialisasi, pelatihan praktek dan pendampingan dalam pertolongan pertama kesiapsiagaan UKS dalam penanganan luka.

Hasil: Hasil pengabdian ini adalah memberikan penyegaran materi tentang UKS kepada guru dan siswa serta terbentuknya struktur organiasi kepengurusan UKS di SD Muhammadiyah Inovatif Pujotomo Mertoyudan Magelang. Selain itu juga guru serta siswa sebagai perawat cilik diberi ketrampilan penalataksanaan luka sehingga guru dan siswa mampu melakukan pertolongan apabila di butuhkan.

Kesimpulan: Kesimpulan pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan guru dan siswa tentang penatalaksanaan perawatan luka, cara penyimanan obat dan tersusunnya struktur organisasi UKS. Dengan terbentuknya struktur organisasi UKS maka kegiatan UKS di SD tersebut bisa di kembangkan lagi dan penatalaksanaan luka pada siswa bisa segera teratasi, selain itu juga guru bisa melaksanakan tindakan pertama pada siswa yang mengalami serangan asma dan pingsan.

 

Kata Kunci: UKS, penatalaksanaan luka

Published
2021-07-05
How to Cite
mareta, reni. (2021). PKU bagi Guru Sekolah Dasar Inovatif Pujotomo Muhammadiyah dalam Pendampingan UKS siaga penatalaksanaan pertama pada luka. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 3(1), 29-42. Retrieved from https://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jpmkh/article/view/191